Pages

Sunday, May 16, 2010

Jalan-Jalan Ke Taman Sari

Tanggal 13 Mei lalu saya dan 7 teman mengadakan kunjungan ke salah satu tempat wisata di Yogyakarta tepatnya di Taman Sari. Sebenarnya kunjungan ini mengajak serta semua teman sepuluh satu, akan tetapi karena mereka sibuk dengan beberapa agenda acara, pada akhirnya hanya kami berdelapan yang berangkat jalan-jalan. Ada saya, Hana, Belinda, Rika, Nitta, Mercy, Ian dan Rahmat. Rencana sebelumnya, kami ingin mengadakan caving ke goa cerme, tapi karena teman-teman nasrani sedang merayakan paskah, akhirnya kegiatan ini dibatalkan. Tak apalah, tak ada Goa Cerme, Taman Sari pun jadi. Kami berangkat sekitar pukul 13.00 setelah menunggu kedatangan teman-teman yang lain yang akhirnya tidak bisa ikut selama satu jam.

Sesampainya di Taman Sari, kami segera membeli tiket masuk seharga Rp. 3000 agar dapat segera masuk ke tempat wisata yang letaknya hanya sekitar 0,5 km sebelah barat Kraton Kasultanan Yogyakatrta. Begitu masuk ke dalam bangunan yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I (sekitar abad XVII) itu, kami langsung disuguhi pemandangan indah dua buah kolam yang cukup besar ukurannya, kolam ini dahulu digunakan mandi oleh para raja serta keluarga kerajaan. Taman sari selain digunakan sebagai tempat peristirahatan raja juga dipersiapkan sebagai benteng pertahanan guna menghadapi keadaan bahaya. Di samping itu, tempat ini dilengkapi dengan mushola, tepatnya di bangunan yang disebut Sumur Gumuling. Tak salah bila namanya Sumur Gumuling, lokasinya berada di bawah tanah dan kami harus menuruni cukup banyak anak tangga untuk mencapai mushola yang satu itu. Kami sempat naik ke sebuah ruangan kecil bertingkat tiga yang kami tak begitu mengerti apa fungsinya. Dari tempat itu kami bisa melihat pemandangan dua kolam bagian tengah dan kolam di sisi lainnya secara menyeluruh.

Sekitar satu setengah jam berada di kawasan wisata yang dibangun setelah perjanjian Giyanti itu, kami memutuskan untuk segera pulang karena cuaca yang kurang bersahabat. Sebenarnya masih banyak hal yang ingin kami jelajahi di kawasan Taman Sari. Namun apa boleh buat, saya harap bila ada kesempatan, saya dapat kembali mengunjungi objek wisata bersejarah ini.

No comments:

Post a Comment