Pages

Wednesday, June 23, 2010

Mencukur Bulu Ketiak Memicu Kanker Payudara

Siapa yang kerasan melihat bulu ketiak menjulur panjang, sebagian besar orang mungkin akan menjawab tidak, terutama kaum wanita. Pakaian tanpa lengan yang kini telah menjadi tren, mengharuskan kaum wanita menjaga kebersihan serta keindahan ketiaknya. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah tidak membiarkan bulu ketiak tumbuh memanjang. Bila dibiarkan, tentunya mereka akan dianggap jorok.

Namun, apakah kalian tahu bahaya mencukur rambut ketiak ? Sebuah penelitian di Amerika yang dilakukan oleh Anderson Cancer Center menyebutkan bahwa wanita yang sering mencukur bulu ketiaknya hingga licin 10 kali lebih rentan terkena kanker payudara daripada wanita yang membiarkan bulu ketiaknya tumbuh apa adanya. Dampak dari mencukur itu sendiri dapat menimbulkan terjadinya luka yang tak kasat mata serta menyebabkan pembesaran pori-pori di sekitar daerah ketiak.

Terlebih lagi dengan pemakaian deodorant yang disemprotkan maupun dioleskan ke ketiak yang dapat mempermudah toksin masuk ke dalam kulit. Masalahnya deodorant itu sendiri berfungsi mencegah pengeluaran keringat. Toksin yang seharusnya dikeluarkan melalui keringat, tertahan dan menumpuk. Toksin yang tertimbun di sekitar ketiak kemudian menjalar ke bagian paling dekat yakni payudara. Penumpukan toksin bertahun-tahun berpotensi menyebabkan kanker. Sebenarnya bulu ketiak sangat berguna melindungi ketiak dari zat racun yang hendak masuk dari luar tubuh, karena pada ketiak terdapat kelenjar limfa yang memudahkan transportasi racun, terutama ke payudara dan bagian tubuh lainnya seperti paru-paru, jantung, dan otak. Seperti yang kita tahu para pria jauh lebih aman terhadap bahaya terkena kanker payudara, mengapa? Sebab kebanyakan pria tidak mencukur bulu ketiaknya. Untuk itu berpikirlah dua kali ketika hendak mencukur bulu ketiak, pikirkan bahaya kesehatan yang dapat menimpa di hari-hari depan.

1 comment:

  1. memang mengerikan dampaknya kanker payudara yang sangat ditakuti kaum wanita,,
    cari solusi agar ketiak tetap cantik dan wangi,,
    thans gan,,

    ReplyDelete