Pages

Friday, July 27, 2012

Belajar Sebelum SNMPTN

Pada bulan Juni kemarin saya sempat mengikuti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) melalui jalur tertulis bersama puluhan ribu calon mahasiswa 2012. Pendaftaran online dilaksanakan tanggal 10-31 Mei 2012, sedangkan ujian tulis dilaksanakan tanggal 12-13 Juni 2012. Sungguh menjadi pengalaman yang sangat luar biasa bagi saya. Pengalaman pertama mencari bangku perguruan tinggi yang memang tidak mudah. Pengalaman yang banyak menguras energi juga emosi.

Waktu 22 hari untuk menentukan pilihan program studi serta perguruan tinggi tidaklah cukup banyak. Menentukan hati pada satu prodi di suatu perguruan tinggi bukan perkara mudah, ditambah perasaan takut gagal, tidak siap dan lain sebagainya, so difficult. Akhirnya saya putuskan untuk memilih ilmu keperawatan UGM dan pendidikan kimia UNY, dengan pertimbangan yang sangat tidak jelas.

Tanggal 12 dan 13 Juni 2012 saya selalu di hantui perasaan was-was. Entah mengapa kegagalan selalu menjadi momok menakutkan. Namun, semua ketakutan akhirnya terbayar dengan hasil yang cukup baik bagi saya. Yes, LOLOS!

Awalnya tidak yakin bisa lolos, karena saya hanya belajar lewat media online. Suatu media yang di sponsori salah satu provider telepon selular ternama. Media online itu bisa digunakan untuk latihan soal UN maupun SNMPTN. Selain itu adapula info passing grade PTN yang update. Setiap hari selepas magrib saya selalu menyempatkan diri belajar di situs itu. Tapi ternyata, banyak sekali jenis soal ujian tulis SNMPTN yang cara pengerjaannya sama dengan soal latihan yang pernah saya kerjakan.

Bagi teman-teman yang tertarik, silahkan kunjungi situs   http://portal.paseban.com/ sebagai media latihan sebelum 2013. Selamat menempuh UN dan SNMPTN 2013, semoga kesuksesan dapat kita genggam.





No comments:

Post a Comment