Pages

Thursday, March 14, 2013

DEFINISI KOMUNIKASI


  1. Menurut Everett M. Rogers komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
  2. Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam.
  3. Menurut Shannon & Weaver komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi.
  4. Menurut David K. Berlo komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam memciptakan keseimbangan dengan masyarakat.
  5. Menurut Harorl D. Lasswell komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?)
  6. Menurut Steven komunikasi dapat terjadi kapan saja suatu organisme memberi reaksi terhadap suatu objek atau stimuli. Apakah itu berasal dari seseorang atau lingkungan sekitarnya.
  7. Menurut Raymond S. Ross komunikasi adalah proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.
  8. Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.
  9. Menurut Bernard Berelson & Gary A. Steiner komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang disebut dengan komunikasi.
  10. Menurut John R. Wenburg dan William W Wilmot komunikasi adalah suatu usaha untuk memperoleh makna.
  11. Menurut Carl I. Hovland komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain
  12. Menurut Harorl D. Lasswell komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?)
  13. Menurut Judy C Pearson & Paul E Melson komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna
  14. Menurut Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss komunikasi adalah proses makna diantara dua orang atau lebih.
  15. Menurut William I. Gordon komunikasi secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan.
  16. Menurut William Albig komunikasi adalah proses pengoperan lambang yang berarti diantara individu-individu.
  17. Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.
  18. Menurut Anwar Arifin komunikasi merupakan suatu konsep yang multi makna. Makna komunikasi dapat dibedakan berdasarkan Komunikasi sebagai proses sosial Komunikasi pada makna ini ada dalam konteks ilmu sosial. Dimana para ahli ilmu sosial melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan komunikasi yang secara umum menfokuskan pada kegiatan manusia dan kaitan pesan dengan perilaku.
  19. Menurut Markman komunikasi merupakan suatu komunikaso untuk membangun & mempertahankan hubungan interpersonal.
  20. Menurut Aristoteles komunikasi adalah alat dimana warga masyarakat dapatberpartisipasi dalam demokrasi
  21. Menurut Drs. Redi Panuju, M. Si komunikasi merupakan sistem aliran yang menghubungkan dan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan suatu sinergi.
  22. Menurut Hoben komunikasi adalah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal.
  23. Menurut Anderson komunikasi merupakan proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.
  24. Menurut Barnlund komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.
  25. Menurut Lexicographer, seorang ahli kamus bahasa, komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.
  26. Dalam Webster’s New Collegiate Dictionary edisi tahun 1977 antara lain menjelaskan bahwa komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku.
  27. Menurut Hovland, Janis & Kelley komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak).
  28. Menurut Gode komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.
  29. Menurut Ruesch komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.
  30. Menurut Weaver komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya.
  31. Menurut Achmad S. Ruky, dalam sukses sebagai manajer profesional tanpa gelar MM atau MBA, komunikasi adalah proses pemindahan dan pertukaran pesan yang dapat berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kpd org lain, utk mempengaruhi dan/atau men
  32. Menurut Atep Aditya Barata komunikasi adalah poses pengiriman dan penerimaan pesan atau berita (informasi) antara 2 orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.
  33. Menurut DRS. Agus M. Hardjana, M.Sc., edisi Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal, komunikasi dapat dirumuskan sebagai kegiatan dimana seseorang menyampaikan pesan dari media tertentu kepada orang lain dan sesudah menerima pesan serta memahami sejauh kemampuan, penerimaan pesan menyampaikan tanggapan melalui media tertentu pula kepada orang yang menyampaukan pesan itu kepadanya.
  34. Menurut Sindu Mulianto dalam panduan lengkap supervisi perspektif syariah, komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh pengirim kepada penerima pesan melalui cara dan media tertentu.
  35. Menurut Wuryanano dalam Super Mind for Successful Life, komunikasi adalah melibatkan keseluruhan pribadi anda, cara berbicara, sikap anda, tingkah laku anda, dan segala sesuatu yag terpancar dari pribadi anda.
  36. Menurut Keith Davis komunikasi adalah proses lewatnya informasi dan pengertian seseorang ke orang lain.
  37. Dalam Oxford dictionary tahun 1956 komunikasi adalah pengiriman atau tukar-menukar informasi, ide, dan sebagainya.
  38. Menurut Taylor komunikasi adalah proses pertukaran informasi atau yang menimbulkan dan meneruskan makna atau arti
  39. Menurut Burgers komunikasi adalah penyampaian informasi makna dan pemahaman dari pengirim pesan kepada pemerima pesan
  40. Menurut Yuwono komunikasi adalah kegiatan mengajukan pengertian yang diinginkan dari pengirim informasi kepada penerima informasi dan menimbulkan tingkah laku yang diinginkan penerima.
  41. Menurut Dr. Phill Astrid Susanto komunikasi adalah proses pengoperan lambang yang mengandung arti.
  42. Menurut Drs. Onong Uchjana Effendy, MA komunikasi mencakup ekspresi wajah, sikap, gerak-gerik, suara, kata-kata tertulis dan lain-lain.
  43. Menurut Ross, communication is a transactional process involving a cognitive sorting, selecting and sending of symbols in such a way as to help a listener elicit from his own mid a meaning or response similar to that intended by communicator.
  44. Menurut M. Djen Amar S.H komunikasi adalah seni untuk menyampaikan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain.

 Daftar Pustaka
Amar, M. Djen. 1983. Komunikasi dan Pidato. Bandung: Alumni
Kariyoso. 1994. Pengantar Komunikasi Bagi Siswa Perawat. Jakarta: EGC Lestari, Yogi Andhi, dkk. 2010. Buku Saku Komunikasi dan Konseling Dalam Praktik Kebidanan. Jakarta: Trans Info Media
Cangara, Hafied. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers
Mulyana, Dedy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sunarjo. 1983. Komunikasi, Persuasi dan Rektorika. Yogyakarta: Liberty
Liliweri, Alo. 2003. Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli diunduh tanggal 6 Maret 2013 dari http://ikomumm.blogspot.com/2009/03/36-pengertian-komunikasi-menurut-para.html

No comments:

Post a Comment